Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.64

Keywords:

Strategi Directed Reading Thinking Activity, Membaca Intensif, Kalimat Utama, Sekolah Dasar

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan fundamental yang mendukung keberhasilan belajar siswa, namun kenyataannya, banyak siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara menyeluruh. Tujuan riset ini untuk melihat pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Cipaot Kota Cilegon. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelas sebagai sampel: kelas eksperimen yang diterapkan strategi DRTA dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Temuan ini membuktikan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan, khususnya teks fabel. Penggunaan media gambar sebagai pendukung strategi juga terbukti membantu siswa dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam. Temuan ini merekomendasikan penerapan strategi DRTA dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan literasi siswa secara aktif dan bermakna.

The Influence of the Directed Reading Thinking Activity Strategy on the Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary School Students

Reading comprehension is a fundamental skill essential for academic success, yet many elementary students still struggle to fully understand reading materials. This study aims to investigate the effect of the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) strategy on the reading comprehension skills of fifth-grade students at SD Negeri Cipaot, Cilegon City. Using a quantitative approach with a quasi-experimental design, the research involved two sample groups: an experimental class using the DRTA strategy and a control class using conventional methods. Data were collected through pre-tests and post-tests and analyzed using a t-test. The results indicate a significant difference in students’ learning outcomes, with the experimental group achieving a higher average post-test score. These findings demonstrate that the DRTA strategy effectively enhances students' comprehension abilities, particularly in understanding fable texts. The integration of visual media further supported students in constructing deeper meaning from texts. The study recommends the implementation of DRTA as an instructional strategy in elementary Indonesian language learning to promote active and meaningful literacy development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, R. P., Unaenah, E., & Nurfadhillah, S. (2024). Pengaruh Model SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(2), 103–112. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.33

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076

Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/412

Fatih, M. (2019). Peningkatan Membaca Pemahaman melalui Strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) Siswa Kelas VA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. JURNAL PENDIDIKAN: Riset Dan Konseptual, 3(1), 28-34. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.99

Hidayah, N. (2017). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291

Krismonika, E. (2020). Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 321-325. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1587

Muldawati, M., & Muhyidin, A. (2023). Problematika Pembelajaran Menulis Cerpen di SMPN 5 Kota Serang. Jurnal Sustainable, 6(2), 578-589. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4032

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal riset rumpun ilmu bahasa, 2(2), 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Musthofa, Z., Faizin, F., & Sanjani, M. A. F. (2025). Strategi Pembelajaran Storytelling Adaptif untuk Menanamkan Nilai Akhlak Mulia pada Siswa MI di Era Digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4282-4291. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7798

Nurana, S., Rosnaningsih, A., & Magdalena, I. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.32

Pamungkas, C. A. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. UNS. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/119133/

Puspitasari, D. (2015). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SD Negeri I Rabakkabupaten Purbalingga. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.30595/mtf.v2i1.288

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16-24. http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.16-24

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17762

Rahayu, S. R. S. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 5(2), 425-430. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.87

Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model pembelajaran membaca terpadu berbasis sastra anak untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas rendah. Penerbit NEM.

Septiyan, D. T., Malik, Z., Maulana, I., & Mas’odi, M. (2025). Mendorong Kegiatan Literasi di Perpustakaan Sekolah Dasar: Pemberian Reward sebagai Strategi Optimalisasi. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(3), 219–226. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.48

Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Wahidin, W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 285-295. https://doi.org/10.37567/jie.v11i1.3720

Wahono, M. (2018). Pendidikan karakter: Suatu kebutuhan bagi mahasiswa di era milenial. Integralistik, 29(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696

Widya, N., Romdanih, R., & Pudjiati, D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa melalui Strategi Membaca dan Berpikir Kritis Secara Langsung. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 188-191). http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/807

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Herdiana, R. A., Unaenah, E., & Magdalena, I. (2025). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(4), 278–289. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.64

Issue

Section

Articles