Pengaruh Model SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.33Keywords:
Cerpen Bahasa Indonesia, Membaca Pemahaman, Model SQ3R, Sekolah DasarAbstract
Riset ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam upaya peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas V SDN Padek 2 Kota Serang. Latar belakang riset ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Eksperimen semu digunakan sebagai cara bedah riset dengan desain pre-test post-test group control, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model SQ3R dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil riset menunjukkan bahwa model SQ3R mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, ditandai dengan peningkatan signifikan pada skor post-test rata-rata di kelas eksperimen dari 63,9 menjadi 81,7, dibandingkan dengan peningkatan di kelas kontrol dari 61,23 menjadi 75,85. Uji hipotesis juga memperkuat temuan ini, dengan t-hitung ≥ t-tabel (2,577 ≥ 2,002), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kesimpulannya, model SQ3R memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar untuk memperbaiki kualitas literasi siswa.
Downloads
References
Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846
Hamdi, Z., Irpan, M., Utami, Y., & Sururuddin, M. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Berbantuan Teks Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(2), 197–217. https://doi.org/10.20414/ELMIDAD.V14I2.5700
Kartika, D. A., Ardini, R., & Wandini, R. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI/SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14621–14631. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I2.1735
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10300
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.
Rahman, A. S. (2012). Peningkatan ketrampilan membaca pemahaman cerpen dengan metode sq3r pada siswa kelas IX A Madrasah Stanawiyah (MTs) Mathla’ul anwar 2 Kota Bogor [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5193
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 38–45. https://doi.org/10.30651/ELSE.V7I1.14066
Samirah, S. (2017). Pengaruh Model Preview Question Read Summarize Test (PQRST) dan Model Survey Question Read Recite Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang Tahun AJaran 2016=2017 [Universitas Sultan Ageng Tirtayasa]. https://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3902
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujerweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Pustaka Baru.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017, Peraturan Perundang-undangan. Diambil 1 September 2024, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/37640/uu-no-3-tahun-2017
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 tahun 2003, Pusdiklat Perpusnas. Diambil 5 Agustus 2024, dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Dalam JDIH BPK RI | Database Peraturan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Widianto, E., & Subyantoro, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/JPBSI.V4I2.7380
Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratu Putri Aisah, Een Unaenah, Septy Nurfadhillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



