Pengaruh Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.32Keywords:
Media Flash Card, Keterampilan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Riset ini berupaya mengevaluasi dampak penggunaan media flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN Tegal Cabe, Kota Cilegon. Riset didasari oleh permasalahan rendahnya keterampilan membaca pada tingkat dasar, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Eksperimen menjadi cara bedah dengan desain pre-test post-test control group. Terdiri dari dua kelompok kelas sebagai sampel, yakni kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card dan kelompok kontrol yang menggunakan kartu kata tanpa gambar, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Hasil riset mengungkap adanya peningkatan keterampilan membaca yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen mencapai 82,33, sedangkan kelompok kontrol hanya 66,00. Analisis statistik dengan uji-t mengungkapkan bahwa nilai t-hitung (2,240) melebihi t-tabel (1,701) pada taraf signifikansi 95%, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media flash card terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Kesimpulannya, media flash card merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca di tingkat sekolah dasar, dan perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut dalam metode pengajaran yang inovatif.
Downloads
References
Agustina, N., Amrah, A., & Pada, A. (2023). The Use of Picture Word Card Media to Improve Beginning Reading Skills in Elementary School Students. Pinisi Journal of Education, 3(5), 74–92. https://doi.org/10.1787/B25EFAB8-EN
Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120–128. https://doi.org/10.31932/VE.V10I2.519
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/PERNIK.V3I2.4839
Dalman, D. (2017). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.
Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75–87. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/issue/view/1202
Ermanto, E. (2019). Keterampilan Membaca Cerdas. PT Raja Grafindo Persada.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/J.JS.2022.V12.I3.P236-243
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V4I2.73
Hamzah, P., & Syawaludin, A. (2022). Media Pembelajaran. Penerbit UNM.
Hanifah, U. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Pustaka Egaliter.
Hidayah, N. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V2I2.1291
Khofifah, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Di SDN 2 Golantepus Mejobo Kudus [IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/9943/
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/PENDIDIKAN.V7I2.301
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta Kendala Menerapkan Flashcard pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/10.51212/JDP.V11I3.892
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar (Vol. 174). Yogyakarta: UNY Press.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/AD.V5I2.4854
Prasetyaningsih, R., Poerwanti, J. I. S., & Sularmi, S. (2022). Analisis keterampilan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(1), 48–53. https://doi.org/10.20961/DDI.V10I1.63393
Priadana, S., & Sunarsi, E. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca dan Pengembangan dalam Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177–193. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/download/1025/829
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). CV Andi Offset.
Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Sakdah, M. S. (2019). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SDN 104231 Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang TA 2018/2019 [UIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/6902/
Sari, N. (2023). Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan Membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh [UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32275/
Stit, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V5I1.1088
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Sukardi, M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Supriyatin, S., & Retnaningrum, W. (2024). Analisis Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu. Jurnal Warna, 8(1), 11–24. https://doi.org/10.52802/WARNA.V8I1.1053
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 tahun 2003, Pusdiklat Perpusnas. Diambil 5 Agustus 2024, dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Windiastuti, S., & Sunata, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDN Sukasari Indah. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas, 3(1). http://repository.unpas.ac.id/67526/
Witjaksono, M. D. Y. (2017). Penggunaan Media Gambar Ilustrasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/463/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safa Nurana, Asih Rosnaningsih, Ina Magdalena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



