Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar

Authors

  • Hani Mellymayanti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yeni Nuraeni Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29

Keywords:

Strategi Pembelajaran Inovatif, Pendidikan Inklusif, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Karawaci 3 Kota Tangerang, yang mengharuskan penyesuaian strategi pembelajaran untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan inklusif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi scaffolding, yang melibatkan penyesuaian individu dan penyediaan waktu khusus bagi siswa ABK, secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan harga diri siswa. Metode ini memungkinkan siswa ABK untuk mengejar ketertinggalan mereka melalui bimbingan khusus dan partisipasi aktif dalam aktivitas pembelajaran. Pembahasan dominan menekankan pentingnya keterlibatan langsung siswa dalam pembelajaran dan penyesuaian materi sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran inovatif yang adaptif dan individual dapat meningkatkan kualitas pendidikan inklusif, namun memerlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan evaluasi yang mendalam untuk mencapai hasil optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, G., Ramadhani, N., & Novitasari, S. (2021). Strategi Pendidikan Inklusi Agar Menciptakan Pembelajaran Inovatif di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32007–32012. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12227

Aulia, S. M., Ardipal, A., & Yuliasma, Y. (2014). Pembelajaran Pola Ritem untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) dengan Media Warna. Jurnal Sendratasik, 3(2), 57–69. https://doi.org/10.24036/JSU.V2I2.3124

Bistari, B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20. https://doi.org/10.26418/JURNALKPK.V1I2.25082

Fauzan, H. N., Francisca, L., Asrini, V. I., Fitria, I., & Firdaus, A. A. (2021). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Menuju Inklusi. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 496–505. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1566

Herawati, H. (2020). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/BUNAYYA.V4I1.4515

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Magdalena, I., & Afiffah, A. N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/599

Maulidati, R., Yusrizal, Y., & Mursal, M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMP pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 71–84. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/7685

Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (38 ed.). PT Remaja Rosda Karya.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Musyawir, M. (2022). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis). Prosiding Seminar Nasional: Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 15–29. https://doi.org/10.55606/MATEANDRAU.V1I2.105

Permendikbudristek No. 48 Tahun 2023 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi. Diambil 31 Agustus 2024, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/285711/permendikbudriset-no-48-tahun-2023

Puspita, Y. (2021). Proses Pembelajaran Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu [Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5496/

Riadin, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1), 22–27. https://doi.org/10.33084/ANTERIOR.V17I1.17

Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Diambil 31 Agustus 2024, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/37251/uu-no-8-tahun-2016

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan (Suryani, Ed.). Bumi Aksara.

Yuwono, I. (2014). Indikator Pendidikan Inklusif. Zifatama Publisher.

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1108

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29

Issue

Section

Articles