Mendorong Kegiatan Literasi di Perpustakaan Sekolah Dasar
Pemberian Reward sebagai Strategi Optimalisasi
DOI:
https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.48Keywords:
Kegiatan Literasi, Literasi Digital, Partisipasi Siswa, Perpustakaan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa di SDN Daramista II, yang disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan perpustakaan dan teknologi literasi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pemberian reward terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan literasi di perpustakaan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward secara konsisten dan sistematis mendorong minat baca siswa, dengan peningkatan frekuensi kunjungan ke perpustakaan dan penggunaan teknologi literasi digital. Variasi reward, baik materil maupun non-materil, terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan literasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam implementasi program reward untuk menciptakan budaya membaca yang positif. Dengan demikian, perpustakaan sekolah tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai pusat kegiatan literasi yang inspiratif dan relevan di era digital. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi literasi di sekolah-sekolah lainnya.
Encouraging Literacy Activities in Elementary School Libraries: Rewarding as an Optimization StrategyThis study is motivated by the low reading interest of students at Daramista II Elementary School, which is caused by the underutilization of the library and digital literacy technology. The purpose of this research is to explore how the provision of rewards affects student participation in literacy activities in the library. The method used is a qualitative approach with data collection techniques through interviews, observations, and document analysis. The results show that the consistent and systematic provision of rewards encourages students' reading interest, as evidenced by an increase in the frequency of visits to the library and the use of digital literacy technology. Variations of rewards, both material and non-material, have proven effective in motivating students to be more actively involved in literacy activities. This study emphasizes the importance of collaboration between teachers and parents in implementing reward programs to create a positive reading culture. Thus, school libraries not only function as storage places for books but also as inspiring and relevant centers for literacy activities in the digital age. These findings are expected to serve as a reference for the development of literacy strategies in other schools.
Keywords: Literacy Activities, Digital Literacy, Student Participation, Library, Elementary School.
Downloads
References
Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V8I1.13044
Bella, Z. I. B. A., Sriwijayanti, R. P., & Qomariyah, R. S. (2023). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SDN Mangunharjo 1 Kota Probolinggo. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 38–47. https://doi.org/10.51747/JP.V10I2.1561
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46. https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.php/mjp/article/view/47
Hikmah, S. N., & Arifin, M. H. (2024). Optimalisasi Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Society and Development, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.57032/JSD.V4I1.151
Laili, A. N., Faizah, A. S. N., Amanah, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Analisis Efek Pemberian Reward dan Ice Breaker Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Kaliwungu 1 Jombang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1213–1215. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4755
Mahbengi, R., Bahri, S., & Fazilla, S. (2021). Dampak Pemberian Reward Oleh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kampung Gajah Putih. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.47766/GA.V2I1.1365
Matje, I. (2022). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 122–128. https://doi.org/10.35326/TAKSONOMI.V2I2.2725
Patton, M. Q. (1999). Enhancing the quality and credibility of qualitative analysis. Health Services Research, 34(5 Pt 2), 1189. https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC1089059/
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big Data Dan Otomatisasi Terhadap Kinerja SDM Di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123. https://doi.org/10.55606/JUPIMAN.V2I4.2739
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar, 1(1), 548–555. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145–1157. https://doi.org/10.35931/AM.V8I3.3563
Ruswan, A., Sholihah Rosmana, P., Nafira, A., Khaerunnisa, H., Habibina, I. Z., Alqindy, K. K., Amanaturrizqi, K., & Syavaqilah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V8I1.13009
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046–1053. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V7I3.1337
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I2.2449
Suharyadi, A., & Saputra, B. D. (2020). Strategi Optimalisasi Perpustakaan Sekolah Melalui Program “Kanji Kuper” SD Negeri Ngrancah. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(2), 156–171. https://doi.org/10.30999/N-JILS.V3I2.1035
Supriati, E., & Antikasari, T. W. (2025). Optimalisasi peran perpustakaan dalam implementasi literasi digital di perguruan tinggi. Jurnal Kepustakawanan Indonesia, 1(1). https://jurnal.fkp2tn.org/index.php/jki/article/view/7
Supriyatin, S., & Retnaningrum, W. (2024). Analisis Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu. Jurnal Warna, 8(1), 11–24. https://doi.org/10.52802/WARNA.V8I1.1053
Tahir, N., Irvan, I., Sufitriyono, S., Setyawan, Muh. N., & Herman, H. (2024). Optimalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kenyamanan Siswa Dalam Kegiatan Literasi. LITERA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 115–119. https://doi.org/10.59734/LAJPM.V1I2.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Tri Septiyan, Zubairi Malik, Irham Maulana, Mas'odi Mas'odi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



