Menggali Prestasi Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa

Kolaborasi Orang Tua dan Guru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.38

Keywords:

Anak Tunarungu, Kolaborasi Orang Tua dan Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar anak tunarungu sering kali lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki gangguan pendengaran, disebabkan oleh keterbatasan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan secara verbal. Namun, dalam pelajaran nonverbal, anak tunarungu menunjukkan perkembangan yang sebanding dengan anak-anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara orang tua dan guru dalam mendukung prestasi anak tunarungu di SLB Cinta Ananda, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas kolaborasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis. Data dikumpulkan melalui literatur ilmiah, wawancara, dan observasi mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan akademik dan sosial anak tunarungu. Guru berperan sebagai pendidik dan motivator di sekolah, sementara orang tua berfungsi sebagai pendukung utama di rumah. Dukungan ini mencakup pengawasan belajar, motivasi emosional, dan komunikasi yang intensif. Kolaborasi yang optimal antara orang tua dan guru sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kebutuhan anak tunarungu. Penelitian ini merekomendasikan penguatan komunikasi, pelatihan bahasa isyarat bagi guru, serta keterlibatan aktif orang tua dalam kegiatan sekolah sebagai langkah strategis untuk meningkatkan prestasi anak tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Akademis, P., & Emosional, D. (t.t.). Dampak keterlibatan orang tua pada prestasi akademis remaja. 1–11.

Anindita Trinura Novitasari, Indah Purnama Sari, & Zaeni Miftah. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Fathilda, Khairulyadi, & Ikramatoun, S. (2023). Perkembangan perilaku remaja disabiitas (studi kasus interaksi sosial siswa tuna rungu di slb bukesra banda aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, 8(1).

Fauziyyah, N. G., & Sukmayadi, Y. (2024). Sinergi Orang Tua dan Guru dalam Mengoptimalkan Perkembangan Musikal Anak: Sebuah Tinjauan Literatur. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.70078/KOLEKTIF.V1I1.26

Fua, J. La, Rahma, R., Nurlila, R. U., & Wekke, I. S. (2018). Strategy of Islamic Education in Developing Character Building of Environmental Students in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1), 012149. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012149

Haile G, A. M. and E. A. (2023). Kolaborasi Orang Tuabdan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Tunagrahita Delima. Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 88–100.

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051

Juherna, E., Sugihartini, E., Farwati Putri, A., Valentina, F. V., Halimatul Mutmainah, L., & Ramadhaniati, V. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Lewat Media Gambar. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1219

Kumala, F. N. F., Kamalia, A., & Khotimah, S. K. (2022). Gambaran Dukungan Sosial Keluarga yang Memiliki Anak Tuna Rungu. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v13i1.13292

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Ratu, A., Risakotta, M. L., Hutabarat, C., & Tandana, E. (2021). Pengaruh Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Indonesia Journal of Religious, 4(2), 45–59. https://doi.org/10.46362/ijr.v4i2.5

Rosita, T., Suherman, M. M., & Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru Sekolah Dasar Untuk Keberhasilan Pendidikan Inklusif. Warta Pengabdian, 16(2), 75. https://doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395

Sab’na. (2019). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusi, 116–130.

Sari, V., & Mufid, M. (2023). Interaksi sosial guru PPKn dan peserta didik berkebutuhan khusus dalam meningkatkan prestasi belajar di kelas VII smp negeri 7 samarinda. Jurnal Akademika: Kajian Ilmu-Ilmu Sosial, Humaniora Dan Agama, 4(2), 89–103.

Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.27174

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Siallagan, S., & Harsiwi, N. E. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Kamal, Bangkalan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal …, 3.

Sidabutar, D., Manik, S. M., & Turnip, H. (2023). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 12505–12510. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/670

Silviana, A., Surtijah, E., Novianti, M., Rohatul, M., Azzahra, N., Hidayat, R. M., & Ramadhana, Z. F. (2024). Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Layanan Konselor ABK Anak Tunarungu pada Kelas Tinggi di SLB Wijaya Kusumah. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 475–481. https://doi.org/10.572349/CENDIKIA.V2I3.1167

Tumanggor, S. (2020). Indonesian Journal of Educational Counseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.30653/001.202481.343

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Zaenuri, Z., & Maemonah, M. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1825–1833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1038

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Santoso, A. B., Aminullah, A. F., Putri, M., & Mas’odi, M. (2024). Menggali Prestasi Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa: Kolaborasi Orang Tua dan Guru. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(2), 148–157. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i2.38

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)