Studi Kasus Tentang Penerapan Standar Pembelajaran Drum di CV llham Project Music School

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.61

Keywords:

Pembelajaran Drum, Standar Pembelajaran, Pendidikan Musik, Studi Kasus

Abstract

Pendidikan musik, khususnya pembelajaran drum, di CV Ilham Project Music School menghadapi tantangan dalam penerapan kurikulum yang sistematis dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar pembelajaran yang diterapkan dan proses pembelajaran drum di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dalam pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pengajaran dilakukan dengan metode ceramah dan praktik, tidak adanya kurikulum yang jelas menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi. Pembelajaran yang dimulai dari mendengarkan lagu tanpa pengenalan alat musik dan teori yang memadai menghambat perkembangan siswa. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan standar pembelajaran yang lebih sistematis agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Penelitian ini merekomendasikan perlunya perbaikan dalam kurikulum dan metode pengajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran drum di CV Ilham Project Music School.

Case Study on the Implementation of Drum Learning Standards at CV Ilham Project Music School

Music education, particularly drum learning, at CV Ilham Project Music School faces challenges in implementing a systematic and structured curriculum. This study aims to analyze the learning standards applied and the drum learning process at the school. The research method used is a qualitative approach with a case study, where data is collected through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that although teaching is conducted through lecture and practice methods, the lack of a clear curriculum causes students to struggle in understanding the material. Learning that begins with listening to songs without adequate introduction to musical instruments and theory hinders student development. Therefore, it is essential to develop more systematic learning standards to ensure effective and efficient learning processes. This study recommends improvements in the curriculum and teaching methods to enhance the quality of drum learning at CV Ilham Project Music School.

Keywords: Drum Learning, Learning Standards, Music Education, Case Study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainy, F. Z. Q., & Effane, A. (2023). Peran kurikulum Dan Fungsi kurikulum. Karimah Tauhid, 2(1), 153-156. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7712

Apriadi, S., & Sinaga, S. S. (2012). Strategi Pembelajaran Drum Pada Junior Kids Secara Klasikal di Gilang Ramadhan Studio Band (Grsb) Semarang. Jurnal Seni Musik, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/jsm/article/view/1799

Asmara, P. D., & Murbiyantoro, H. (2018). Pembelajaran drum pada siswa autis Sekolah Musik Indonesia (SMI) Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1). https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%25p

Dachi, T. K., Ismunandar, I., & Muniir, A. Pembelajaran Drum di Purwa Caraka Music Studio Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(5), 2257-2264. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i5.46656

Depdiknas, (2005). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Fallen, A. F., & Christina, D. (2025). Pelafalan Verbal: Counting System dan Onomatope pada Pembelajaran Drum 1 Purwa Caraka Music Studio. MUSED: Jurnal Pendidikan Musik, 1(1), 54-67. http://rumahjurnal.diskresi.id/index.php/mused/article/view/54

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1979). Principles of instructional design (2nd ed.). Holt, Rinehart, and Winston.

Hasan, S. H. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud -Dirjen. Dikti P2LPTK

Hernawan, A. H., & Andriyani, D. (2011). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Modul Pembelajaran, 1–42. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIS4303-M1.pdf

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Pratama, M. R. A. (2023). Analisis Kurikulum Instrumen Drum Grade Satu Dan Dua Di Purwacaraka Musik Studio. Repertoar Journal, 3(2), 304-313. https://doi.org/10.26740/rj.v3n2.p304-313

Ramsyah, A. A., & Maestro, E. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(4), 82-93. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.325

Sinaga, W., & Putra, A. D. (2021). Esensi Single Stroke Pada Awal Pembelajaran Drum. Jurnal Sendratasik, 10(3), 23-32. https://doi.org/10.24036/js.v10i3.114473

Sudjana, N. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sunhaji, S. (2014). Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Zakky, Z. (2020). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. Zona Referensi. Diakses melalui https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/

Zamri, S. Z., & Maestro, E. (2025). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah Menengah Pertama. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(3), 246-255. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.59

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Jaiz, M., & Ferdian, R. (2025). Studi Kasus Tentang Penerapan Standar Pembelajaran Drum di CV llham Project Music School. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(3), 259–269. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.61

Issue

Section

Articles