Metode Pembelajaran Ansambel Rekorder di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i3.57Keywords:
Metode Pembelajaran, Ansambel Rekorder, Kurikulum MerdekaAbstract
Pembelajaran ansambel rekorder di kelas X TJKT SMK Muhammadiyah 1 Padang masih menghadapi tantangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa; namun, dalam praktiknya, guru masih menggunakan metode konvensional yang terstruktur dan berpusat pada pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran ansambel rekorder yang diterapkan guru serta kesesuaiannya dengan prinsip Kurikulum Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan tiga metode dalam pembelajaran, yaitu ceramah, demonstrasi, dan kerja kelompok. Meskipun metode ini membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan keterampilan bermain rekorder, penerapannya masih kurang sesuai dengan esensi Kurikulum Merdeka Belajar karena guru tetap menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara konsep kurikulum dan implementasi di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan metode pembelajaran yang lebih inovatif agar selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka Belajar, sehingga siswa dapat lebih mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran.
Learning Methods for Recorder Ensemble in Class X Vocational High SchoolThe recorder ensemble learning in class X of the Muhammadiyah 1 Padang Vocational School still faces challenges in the implementation of the Independent Learning Curriculum. This curriculum emphasizes more flexible and student-centered learning; however, in practice, teachers still use structured conventional methods that are teacher-centered. This study aims to analyze the recorder ensemble learning methods applied by teachers and their alignment with the principles of the Independent Learning Curriculum. The research method used is qualitative with a descriptive approach, where data is collected through literature studies, observations, interviews, and documentation. The results show that teachers use three methods in teaching: lectures, demonstrations, and group work. Although these methods help students understand the material and improve their recorder playing skills, their implementation is still less aligned with the essence of the Independent Learning Curriculum because teachers remain the focal point in the learning process. This indicates a gap between the curriculum concept and its implementation in the field. Therefore, efforts are needed to enhance the understanding and application of more innovative teaching methods to align with the principles of the Independent Learning Curriculum, enabling students to be more independent and active in the learning process.
Keywords: Learning Methods, Recorder Ensemble, Merdeka Curriculum.
Downloads
References
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Anwar, S. R. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Recorder Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar (Universitas Negeri Makassar). https://eprints.unm.ac.id/19277/
Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115
Handayani, F., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Implementasi Seni Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370-11378. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4245
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316
Miles, M. B. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks.
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzharifah, A., Ma’alina, I., Istianah, P., & Lutfiah, Y. N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 161-184. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.306
Prayoga, B. (2021). Pengembangan kreativitas anak dalam bermain musik melalui metode demonstrasi di TK Al-Ilyas Desa Babalan tahun 2020/2021 (Universitas Islam Negeri Walisongo).
Rachmania, U. P., Kholid, D. M., & Cipta, F. Pembelajaran Ansambel Campuran pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. SWARA, 4(3), 21-32. https://doi.org/10.17509/swara.v4i3.51557
Rahmadona, N. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas. https://osf.io/3wyx9/
Reksiana, R. (2018). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 199-225. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-08
Rofi’ah, A. M., Shobirin, M., Fadllillah, M., Farah, N., & Wahyudi, M. F. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama. Journal Educatione, 1(2). https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/136
Suryani, N. (2010). Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan ketrampilan sosial siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3654
Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i01.317
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Dalam Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113). https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yoga Arafat, Yensharti Yensharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



