Earthhero-Z

Gamifikasi Berbasis Pemanfaatan ArcGIS Story Map untuk Mengetahui Potensi Bencana di SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang

Authors

  • Fakhri Abdi Maulana SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, Indonesia
  • Radzuan Keiva Rahmawan SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, Indonesia
  • Muhammad Fachry Akbar SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, Indonesia
  • Egy Herdiana SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.75

Keywords:

Geografi, ArcGIS Story Map, Gamifikasi, Mitigasi Bencana, Kesiapsiagaan Bencana

Abstract

SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang yang berlokasi di Jl. Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, berada dekat dengan Sesar Lembang, wilayah yang rawan gempa. Pembelajaran geografi di sekolah ini hanya terdapat pada salah satu dari tiga paket minat peserta didik. Sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai Peraturan Mendikbud Nomor 12 Tahun 2024 dan mengusung pembelajaran bermakna yang mengaitkan materi dengan pengalaman nyata. Sebagai upaya menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan bencana, pembelajaran geografi diarahkan agar lebih kontekstual dan implementatif melalui pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG), khususnya menggunakan platform ArcGIS Story Map. Inovasi ini menggabungkan prinsip gamifikasi dengan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), bertujuan menumbuhkan kepedulian dan keterlibatan peserta didik dalam memahami potensi risiko gempa di sekitar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menghasilkan media pembelajaran digital berbasis web yang dapat diakses oleh masyarakat umum, khususnya sekolah-sekolah di sekitar Sesar Lembang pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Hasilnya menjadi wujud konkret penerapan pembelajaran geografi digital yang adaptif terhadap lingkungan serta mendukung penguatan budaya siaga bencana di satuan pendidikan. Program ini memberikan kontribusi nyata terhadap media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran Geografi dan dapat diaplikasikan oleh sekolah lain.

Earthhero-Z: Gamification Based on ArcGIS Story Map Utilization to Identify Potential Disasters at Nurul Fikri Boarding School Lembang High School.

SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, located on Jl. Maribaya, Cibodas Village, Lembang District, is close to the Lembang Fault, an earthquake-prone area. Geography learning at this school is only available in one of three student interest packages. The school implements the Independent Curriculum in accordance with the Minister of Education and Culture Regulation Number 12 of 2024 and carries meaningful learning that links material to real experiences. As an effort to foster awareness of disaster preparedness, geography learning is directed to be more contextual and implementative through the use of Geographic Information System (GIS) technology, especially using the ArcGIS Story Map platform. This innovation combines the principles of gamification with the Disaster Safe Education Unit (SPAB) program, aiming to foster awareness and involvement of students in understanding the potential risks of earthquakes around them. This study uses a qualitative descriptive approach and produces web-based digital learning media that can be accessed by the general public, especially schools around the Lembang Fault at the elementary, middle, and high school levels. The result become a concrete manifestation of the application of digital geography learning that is adaptive to the environment and supports the strengthening of disaster preparedness culture in educational units. This program provides a real contribution to web-based learning media in Geography learning and can be applied by other schools.

Keywords: Geography, ArcGIS Story Map, Gamification, Disaster Mitigation, Disaster Preparedness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caquard, S., & Dimitrovas, S. (2017). Story Maps & Co. The state of the art of online narrative cartography. Mappemonde. Revue trimestrielle sur l’image géographique et les formes du territoire, (121). https://doi.org/10.4000/mappemonde.3386

Dickinson, S., & Telford, A. (2020). The visualities of digital story mapping: teaching the ‘messiness’ of qualitative methods through story mapping technologies. Journal of Geography in Higher Education, 44(3), 441-457. https://doi.org/10.1080/03098265.2020.1712686

Khairunnisa, N., Nurani, Y., & Wulan, S. (2024). Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Video Interaktif untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 11-11. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.736

Putri, R. F., & Awalia, N. N. (2024). Edy App: Earthquake Mitigation Innovation Using GIS for Disaster Response in Pariaman, Indonesia. J. Indones. Sos. Sains, 5, 2452-2463. https://doi.org/10.59141/jiss.v5i10.1422

Putriani, P., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Suharini, E. (2023). Media Pembelajaran Gempa Bumi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Di Sma Negeri 2 Tomia. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 238-251. https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15054

Saptaputra, S. K., Salsabila, S., Akifah, A., Mustaqim, M., Ramadhan, M. R., & Sagala, L. O. H. S. (2024). Enhanching disaster preparedness through gamification: The mission: Resilience program in kendari city high-risk schools. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 1847-1856. https://doi.org/10.32832/abdidos.v8i4.2538

Sholichah, Z., Suharto, Y., Sahrina, A., & Soelistijo, D. (2023). Pengembangan media powerpoint interaktif materi mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(10), 1160-1172. https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1160-1172

Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Warman, I., & Ardila, A. (2022). Sistem Informasi Mitigasi Rawan Bencana Kota Padang Berbasis Web-ArcGis. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 13(1), 38-44. https://doi.org/10.36448/jsit.v13i1.2536

Wicaksono, A. P., & Khafid, M. A. (2022). Karakterisasi Longsor untuk Analisis Kerawanan Bencana Longsor di Baturturu, Kabupaten Gunungkidul. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 119-125. https://doi.org/10.22146/mgi.71857

Wood, K., & Drew, S. (2025). Aligning Gamified Learning Experiences to Learning Outcomes. International Journal of Changes in Education. https://doi.org/10.47852/bonviewIJCE52023413

Wulandari, F., Budijanto, Bachri, S., & Utomo, D. H. (2023, June). Gamification Based on Disaster Education in Reducing Disaster Risk for Students in Disaster Prone Areas: A Systematic Review of Research. In International Workshop on Learning Technology for Education Challenges (pp. 3-16). Cham: Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-34754-2_1

Yovitra, R., Karim, A., & Rusdi, M. (2024). Rancangan ModelBuilder Sistem Informasi Geografis untuk Daerah Kerawanan Banjir di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 9(3). https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i3.30158

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Maulana, F. A., Rahmawan, R. K., Akbar, M. F., & Herdiana, E. (2025). Earthhero-Z: Gamifikasi Berbasis Pemanfaatan ArcGIS Story Map untuk Mengetahui Potensi Bencana di SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(4), 313–321. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.75

Issue

Section

Articles