Tujuan dan Nilai dalam Proses Pembelajaran Berlandaskan Filsafat Pendidikan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.53

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Nilai-Nilai Pendidikan, Artikel Konseptual

Abstract

Artikel ini merupakan kajian teoritis yang membahas peran filsafat pendidikan dalam merumuskan tujuan dan nilai-nilai dalam proses pembelajaran. Latar belakang penulisan ini berangkat dari kebutuhan akan pendekatan pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga penguatan karakter, moral, dan keterampilan sosial di tengah tantangan zaman modern. Melalui pendekatan konseptual, artikel ini mengulas pemikiran-pemikiran dasar dalam filsafat pendidikan serta teori-teori utama seperti perennialisme, progressivisme, rekonstruksionisme, dan konstruktivisme. Ulasan ini menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai imanen—keadilan, kebenaran, dan kebaikan—dalam praktik pendidikan sehari-hari. Kesimpulannya, filsafat pendidikan memberikan landasan normatif dan praktis untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat kontemporer. Artikel ini diharapkan dapat menjadi kontribusi teoritis dalam pengembangan paradigma pendidikan yang berorientasi pada pembentukan manusia seutuhnya.

Goals and Values in the Learning Process Based on the Philosophy of Education

This article is a theoretical study that explores the role of philosophy of education in formulating the goals and values within the learning process. The background of this study arises from the need for an educational approach that not only emphasizes cognitive aspects but also strengthens character, morality, and social skills amid modern challenges. Through a conceptual approach, this article reviews fundamental ideas in the philosophy of education and major theories such as perennialism, progressivism, reconstructionism, and constructivism. The review highlights the importance of integrating immanent values—justice, truth, and goodness—into everyday educational practice. In conclusion, the philosophy of education provides normative and practical foundations to create a holistic, inclusive, and relevant educational system aligned with contemporary societal needs. This article aims to contribute theoretically to the development of an education paradigm oriented towards the formation of the whole person.

Keywords: Philosophy of Education, Educational Goals, Educational Values, Conceptual Article.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

Arsyad, H., & Sauri, S. (2024). Landasan filosofi pendidikan dan konsep mendidik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1585-1596. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2579

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103-125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Muhibbin, A., & Fathoni, A. (2021). Filsafat Pendidikan. Muhammadiyah University Press.

Pujawardani, H. H., Hasan, M., & Saefurridjal, A. (2023). Implikasi Paradigma Aliran-Aliran Filsafat Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sekolah. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 209-224. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23810

Rahmawati, Y. (2023). Peran Pendidikan Sosial dalam Membentuk Karakter Individu. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 1(2), 60-68. https://journal.yazri.com/index.php/jupsi/article/view/100

Sari, N. (2024). Landasan Filosofis dan Yuridis Pendidikan ABK dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Sada Kurnia Pustaka

Suyatno, S. (2012). Nilai, Norma, Moral, Etika Dan Pandangan Hidup Perlu Dipahami Oleh Setiap Warga Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. PKn Progresif, 7(1), 158683. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/2233

Syakur, M., & Budianto, A. A. (2024). Peran Bibliocounseling Dalam Meningkatkan Kedamaian Psikologis. Coution: journal of counseling and education, 5(1), 63-72. https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1539

Umar, H., & Masnawati, E. (2024). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan identitas remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 191-204. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.137

Widyawati, S. (2013). Filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan ilmu pendidikan. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(1). https://doi.org/10.33153/glr.v11i1.1441

Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Journal On Education, 5(4), 12401-12411. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2223

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 262-278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/374

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Arifin, A. M. A., Husain, M. A. F., Budiman, N., & Taswadi, T. (2025). Tujuan dan Nilai dalam Proses Pembelajaran Berlandaskan Filsafat Pendidikan. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(4), 290–298. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.53

Issue

Section

Articles