Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Improvisasi Gitar Jazz

Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.28

Keywords:

Pendidikan Musik, Model Pembelajaran Inkuiri, Kreativitas, Berpikir Kritis, Improvisasi Gitar Jazz

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran improvisasi gitar jazz, khususnya dalam penerapan teknik brokenchord. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di mata kuliah gitar elementer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis hasil evaluasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, terutama dalam hal merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi dan induksi, serta mengevaluasi. Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep improvisasi gitar jazz dan mampu menerapkannya dengan lebih kreatif dan reflektif. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Inkuiri efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, menjadikannya metode yang dapat direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran musik, khususnya dalam konteks pengembangan keterampilan improvisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. PT Refika Aditama.

Agustin, M., Pratama, Y. A., & Sopandi, W. (2021). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 140–152. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2672

Brush, A. J. B., Bargeron, D., Grudin, J., Borning, A., & Gupta, A. (2023). Supporting Interaction Outside of Class: Anchored Discussions vs. Discussion Boards. Dalam Computer Support for Collaborative Learning (1st Edition, hlm. 425–434). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315045467-61

Concina, E. (2019). The role of metacognitive skills in music learning and performing: Theoretical features and educational implications. Frontiers in Psychology, 10(JULY), 441181. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.01583/BIBTEX

Conradty, C., & Bogner, F. X. (2019). From STEM to STEAM: Cracking the Code? How Creativity & Motivation Interacts with Inquiry-based Learning. Creativity Research Journal, 31(3), 284–295. https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1641678

Creswell, J. W. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (P. A. Smith, Ed.; 4 ed.). Pearson.

Demirhan, E., & Şahin, F. (2021). The Effects of Different Kinds of Hands-on Modeling Activities on the Academic Achievement, Problem-Solving Skills, and Scientific Creativity of Prospective Science Teachers. Research in Science Education, 51(2), 1015–1033. https://doi.org/10.1007/S11165-019-09874-0/FIGURES/3

Digerolamo, J. (2021). The key role of teachers’ leadership in the framework of the changing 21 st century [Universidad Fasta]. http://redi.ufasta.edu.ar:8082/jspui/handle/123456789/1044

Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 5–19. https://doi.org/10.5840/INQUIRYCTNEWS201126215

Frierson-Campbell, C., & Froehlich, H. C. (2022). Inquiry in Music Education: Concepts and Methods for the Beginning Researcher. Dalam Inquiry in Music Education: Concepts and Methods for the Beginning Researcher, Second Edition (2nd Edition). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781003057703

Hajian, S. (2019). Transfer of Learning and Teaching: A Review of Transfer Theories and Effective Instructional Practices. IAFOR Journal of Education, 7(1), 93–111. https://eric.ed.gov/?id=EJ1217940

Holfelder, A. K. (2019). Towards a sustainable future with education? Sustainability Science, 14(4), 943–952. https://doi.org/10.1007/S11625-019-00682-Z/METRICS

Intan, A. K. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Permainan Musik Tradisional Calempong Dengan Membaca Notasi Melalui Metode Inkuiri Di Kelas X Sma Negeri Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2017/2018.

Larsson, C., & Georgii-Hemming, E. (2019). Improvisation in general music education – a literature review. British Journal of Music Education, 36(1), 49–67. https://doi.org/10.1017/S026505171800013X

Mills, G. E. (2011). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher (4 ed.). Pearson.

Mullins, A. C. (2021). Future-focussed music education: developing 21st-century competencies in a South African middle school music classroom [Stellenbosch University]. http://hdl.handle.net/10019.1/110269

Pratama, C. A. N., & Kurniastuti, I. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI PROYEK MUSIK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Seminar Nasional Sosial dan Humaniora. https://e-conf.usd.ac.id/index.php/usdbsh/usdbsh2023/paper/view/2184

Purwaningtyas, R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Menggunakan Media Gubahan Lagu Pada Materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang. https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustaka#

Rudi, A., Khurin’, M., & Ratnasari, I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/AU.V1I1.166

Sarı, U., Sarı, U., Duygu, E., Şen, Ö. F., & Kırındı, T. (2020). The Effects of STEM education on scientific process skills and STEM awareness in simulation based ınquiry learning environment. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 387–405. https://doi.org/10.36681/

Tawangsasi, U. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Piano Berbasis Challenge-Based Learning untuk Remaja [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/65364/

Váradi, J. (2022). A Review of the Literature on the Relationship of Music Education to the Development of Socio-Emotional Learning. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211068501

White, R. (2021). Authentic learning in senior secondary music pedagogy: an examination of teaching practice in high-achieving school music programmes. British Journal of Music Education, 38(2), 160–172. https://doi.org/10.1017/S0265051720000297

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Kusuma, A. S., & Karwati, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Improvisasi Gitar Jazz: Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 20–29. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.28

Issue

Section

Articles