Pengembangan Media Pembelajaran Titi Laras untuk Materi Pengenalan Tangga Nada Kelas V SD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.27

Keywords:

Seni Budaya, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Titi Laras yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), khususnya pada materi pengenalan tangga nada. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh SDN Puspasari, yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan dan pembuatan prototipe awal, serta pengumpulan informasi melalui penelitian lapangan. Uji coba awal dilakukan di rumah dengan melibatkan 5 siswa dari kelas V SD, yang menunjukkan skor rata-rata 3,75, mengindikasikan kategori "Sangat Baik". Uji coba kelompok besar juga dilaksanakan di rumah dengan melibatkan 10 siswa dari kelas V SD, dan memperoleh skor rata-rata 3,76, yang juga masuk dalam kategori "Sangat Baik". Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Titi Laras memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulwaly, C. (2016). Pendidikan Hafal Al-Qur’an Buah Sabar & Istiqamah. CV Garuda Mas Sejahtera.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.656

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.; 1 ed.). Tahta Media Group.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/IJPE.V3I1.16060

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Okpatrioka, O. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/JDAN.V1I1.154

Paling, S., Sari, R., Bakar, R. M., Yhani, P. C. C., Mukadar, S., S, L. L., Indah, N., Nurhamdiah, Hilir, A., & Sholihan. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Dalam Penerbit Mifandi Mandiri Digital (Vol. 1, Nomor 01). Penerbit Mifandi Mandiri Digital. http://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/view/15

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.

Putri, S. N., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2023). E-module with the Borg and Gall Model with a Contextual Approach to Thematic Learning. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.23887/JLLS.V6I1.57482

Riyadi, L., & Sukmayadi, Y. (2023). Pengembangan Aplikasi Kelas Digital Scola sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Musik di Sekolah. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.31091/JOMSTI.V6I1.2414

Saputra, D., & Rafiqin, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2). https://doi.org/10.31294/JKI.V5I2.2882

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 tahun 2003, Pusdiklat Perpusnas. Diambil 5 Agustus 2024, dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Wahyudi, D., & Sari, A. (2016). Penggunaan Media, Variasi, dan Umpan Balik dalam Proses Pembelajaran untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.30983/EDUCATIVE.V1I2.156

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT: konsep dan aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana Rawamangun Jakarta. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1461/

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Zulfikar, Z., & Hendrawan, B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Titi Laras untuk Materi Pengenalan Tangga Nada Kelas V SD. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.27

Issue

Section

Articles