Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SD

Authors

  • Diman Nurjaman Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya https://orcid.org/0009-0003-4736-774X
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sunanih Sunanih Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.25

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar siswa kelas 4 SD, dengan fokus pada tantangan sosial yang dihadapi siswa, seperti rendahnya hubungan sosial, kurangnya empati, dan konflik antar teman. Judul penelitian ini adalah "Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Kelas IV SD". Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas 4 SD dan menggunakan analisis korelasi dengan nilai 0,644, yang menunjukkan hubungan yang kuat. Data distribusi menunjukkan normalitas dengan nilai sig = 0,200 (α = 0,05). Metode analisis meliputi regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil studi menunjukkan sensitivitas sosial dengan proporsi tinggi di 11,9%, kelas menengah 16%, dan kelas rendah 6,4%. Wawasan sosial juga tinggi di 13,9%, rata-rata 18%, dan rendah 67%. Kredibilitas lalu lintas sosial menunjukkan tingkat tinggi 7,9%, rata-rata 15,4%, dan rendah 3,8%. Temuan ini mengonfirmasi adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar IPS, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesiana, B., Susanto, S., Mahendika, D., Rumfot, S., & Sukmawati, E. (2023). The Analysis of Teacher Efforts to Developing Students Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Learning Activities. Journal on Education, 5(4), 11661–11666. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2119

Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120–128. https://doi.org/10.31932/VE.V10I2.519

Amitha Arjun Fatah. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Intis School Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 139–154. https://journal.student.uny.ac.id/fiptp/article/view/3096

Basyari, A. (2013). Hubungan Antara Minat dan Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa MAN Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/18168/

Fuadi, Z. (2017). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Islam Harunyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(4). https://doi.org/10.26418/JPPK.V6I4.19791

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences: Memaksimalkan Potensi Dan Kecerdasan Individu Dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa. Jakarta: Daras Books.

Pangestu, D., Lestari, W., Surahman, M., Mustakim, E., & Lestari, Y. D. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.52217/LENTERA.V17I1.1380

Putri, Z. N. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu [Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/6232/

Ritonga, C. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(2), 71–81. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5405

Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.33654/MATH.V2I2.35

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/KJMP.V2I2.987

Tartila, M. F., & Aulia, L. A.-A. (2021). Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Prososial. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(1), 53–66. https://doi.org/10.35891/JIP.V8I1.2649

Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2016). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana Prenadamedia Group. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/14926/

Zed, M. (2012). Engku Mohammad Sjafe’i dan INS Kayutanam: Jejak Pemikiran Pendidikannya. TINGKAP: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial Budaya & Ekonomi, 8(2), 173–188. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/1879

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Nurjaman, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2024). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SD. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.25

Issue

Section

Articles