Kemampuan Pengucapan dalam Bahasa Arab Berbasis Dialek Lokal

Authors

  • Misbahul Munir Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya
  • Laili Mas Ulliyah Hasan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.18

Keywords:

Dialek Lokal, Pengucapan Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah, Evaluasi Fonetik, Metode Pengajaran

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana dialek lokal berperan dalam kemampuan pengucapan Bahasa Arab pada anak usia 8-10 tahun di MI Al-Insan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana dialek lokal memengaruhi penguasaan fonetik dan intonasi yang diperlukan untuk Bahasa Arab standar. Metode penelitian yang digunakan meliputi evaluasi pengucapan melalui rekaman audio dan video serta wawancara dengan guru dan orang tua. Hasil analisis data menunjukkan bahwa anak-anak yang sering berkomunikasi dalam dialek lokal menghadapi kesulitan dalam menghasilkan bunyi-bunyi spesifik dari Bahasa Arab standar, seperti /q/ dan /ʕ/. Interpretasi hasil mengindikasikan perlunya penyesuaian metode pengajaran yang mempertimbangkan pengaruh dialek lokal. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya pendekatan adaptif dalam pengajaran Bahasa Arab dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kemampuan pengucapan anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342

Aziz, M. T., & Sholehawati, U. (2023). Pendekatan Struktural dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. 3(1).

Church, A., & Bateman, A. (2020). Conversation analytic role-play method (CARM) for early childhood teacher education. Teacher Development, 24(5), 652–668. https://doi.org/10.1080/13664530.2020.1820371

Dzukroni, A. A., & Aziz, M. T. (2023). Quo Vadis Modern Salafism: Re-Questioning Salafi’s Moderation Value on Social Media. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora, 9(2), 180–204. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.241

Hasan, L. M. U., Aziz, M. T., & Nurharini, F. (2024). Integrasi Asas Andragogi Dengan Pembelajaran Muhadastah: Studi Kasus LPBA MASA Surabaya. AL-MAZAYA, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 1–13. https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/almazaya/article/view/270

Hasan, L. M. U. H., Agustin, D. N., & Aziz, M. T. (2024). Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Bisma: Jurnal …, 2(1), 191–202. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/bisma/article/view/187

Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Hasan, I. N. H. (2024). Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.260

Mufidah, Z. (2024). Learning Arabic Vocabulary From the Quran To Facilitate Early Arabic Speaking Skills and Memorizing Quran At Baiturrahman Kindergarten in Malang City. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship, 4(2), 298–305. https://doi.org/10.48024/ijgame2.v4i2.131

Mufidah, Z., & soleh, moch. batdrus. (2022). صخلم ةيلاع ةسردم في رشع يدلاحا فصلا بلاط في ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ينستح في ينمختلا ةبعل يرثتأ " : لحاصلا ردب دممح " يابااروس ديحوتلا ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ، روصلبا ينمختلا ةبعل : ةيسيئرلا تاملكلا ةيبرعلا ةغللا برتعت . ةيلاعلاو ، ةيوانصلاو ، ةيئادتبل. 01(01).

Muid, F. A. (2021). نورعشي مهنم يرثك كلذ ل و . ةصالخا تاردقلا لىإ جاتيح ةيبرعلا ةغللا ملعت نلأ . ايسينودنبإ تاعمالجاو. 01(01).

Muid, F. A., Nurharini, F., & Salam, M. A. (2022). Pengaruh Permainan Wassimni Terhadap Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs. Nurussaleh Bangkalan. MUMTAZA :Journal Of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 01(02). https://ejournal.stibada.ac.id/index.php/mumtaza/article/view/30

Musyafa’ah, L., Bustami, A. L., & Dzulkarnain, D. (2023). the Application of Interpersonal Communication With Andragogy Approach in English Competency Achiement of Orphan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.121033

Nabielah, A. D. (2021). Fenomenologi Bahasa Komunitas Kampung Arab (Studi Kasus Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Bahasa Arab di Ampel Surabaya). MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 01(1), 1–13.

Nurharini, F., Mas, L., Hasan, U., & Aziz, M. T. (2024). Strategy for Utilizing Student Digital Literacy Towards the Ability to Utilize Information and Communication Technology Based on Kahoot Technology. 1(3), 1–9.

Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Munir, M., & Hasan, L. M. U. (2024). Kemampuan Pengucapan dalam Bahasa Arab Berbasis Dialek Lokal. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 85–93. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.18

Issue

Section

Articles