Meningkatkan Skill Komunikasi Bahasa Arab pada Murid Kelas V SD dengan Metode Seni Peran

Authors

  • Lailil Chalifah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya
  • Faruq Abdul Muid Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.17

Keywords:

Komunikasi Bahasa Arab, Seni Peran, Sekolah Dasar, Pembelajaran Bahasa, Kemahiran Berbahasa

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana metode seni peran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab pada murid kelas lima sekolah dasar. Studi dilakukan dengan 40 murid dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengucapan kata, kosakata, dan kefasihan berbicara pada kelompok yang mengikuti metode seni peran. Siswa juga merespons positif terhadap metode ini, menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini mendukung integrasi seni peran sebagai alternatif efektif dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342

Agustin, D. N., Nurharini, F., & Hasan, L. M. U. (2023). Pernikahan Anak Usia Dini dan Konstruksi Identitas Gender: Analisis Teori Peter L. Berger (Studi di Desa Pandansari Poncokusumo Kabupaten Malang). RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v5i2.404

Dzukroni, A. A., & Aziz, M. T. (2023). Quo Vadis Modern Salafism: Re-Questioning Salafi’s Moderation Value on Social Media. Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 9(2), 180–204. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.241

Hasan, L. M. U., Aziz, M. T., & Nurharini, F. (2024). Integrasi Asas Andragogi Dengan Pembelajaran Muhadastah: Studi Kasus LPBA MASA Surabaya. AL-MAZAYA, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 1–13.

Hasan, L. M. U. H., Agustin, D. N., & Aziz, M. T. (2024). Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Bisma: Jurnal …, 2(1), 191–202.

Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Hasan, I. N. H. (2024). Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.260

Kastur, A., Mustaji, M., & Riyanto, Y. (2020). The Practicality and Effectiveness of Direct Learning Model by Using Life-Based Learning Approach. Studies in Learning and Teaching, 1(3), 165–174. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.50

Mufidah, Z. (2024). Learning Arabic Vocabulary From the Quran To Facilitate Early Arabic Speaking Skills and Memorizing Quran At Baiturrahman Kindergarten in Malang City. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship, 4(2), 298–305. https://doi.org/10.48024/ijgame2.v4i2.131

Muhammad Tareh Aziz, & Lestari Widodo. (2023). Pengembangan Program Unggulan di SMP Islam Sabilur Rosyad. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i1.17

Muid, F. A., Nurharini, F., & Salam, M. A. (2022). Pengaruh Permainan Wassimni Terhadap Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs. Nurussaleh Bangkalan. MUMTAZA :Journal Of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 01(02).

Musyafa’ah, L., Bustami, A. L., & Dzulkarnain, D. (2023). the Application of Interpersonal Communication With Andragogy Approach in English Competency Achiement of Orphan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.121033

Musyafa’ah, L., Hardika, & Ahmad. (2022). Designing Entrepreneurship Skills for the Future Life of People with Down Syndrome at LKP Quali International Surabaya. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(4), 588–598. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.120524

Nabielah, A. D. (2021). Fenomenologi Bahasa Komunitas Kampung Arab (Studi Kasus Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Bahasa Arab di Ampel Surabaya). MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 01(1), 1–13.

Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712

Syaifudin, M., Nurharini, F., & Ramadhan, H. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al- Qur’an Terpadu An- Nawa Surabaya. MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 02(01), 16–28.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Chalifah, L., & Muid, F. A. (2024). Meningkatkan Skill Komunikasi Bahasa Arab pada Murid Kelas V SD dengan Metode Seni Peran. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 77–84. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.17

Issue

Section

Articles