Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran 3D dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.16Keywords:
Media Pembelajaran, Kosa Kata Bahasa Arab, Pemahaman, Retensi, PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan mengoptimalisasi penggunaan media pembelajaran 3D dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas media 3D dalam meningkatkan pemahaman dan retensi kosa kata. Penggunaan media pembelajaran 3D dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab di MTs Miftahul Huda menunjukkan hasil yang signifikan. Temuan menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media 3D menunjukkan peningkatan skor tes dan retensi kosa kata yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Media 3D, dengan representasi visual interaktifnya, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Implikasi dari hasil ini menunjukkan bahwa media 3D dapat menjadi alat yang berharga dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan catatan bahwa akses teknologi, pelatihan guru, dan desain media harus diperhatikan.
Downloads
References
Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342
Aziz, M. T., Mas, L., Hasan, U., & Adhimah, S. (2024). Jembatan Kurikulum : Inklusi dan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Konteks Multikultural. 4(3), 158–166. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i3.292
Dzukroni, A. A., & Aziz, M. T. (2023). Quo Vadis Modern Salafism: Re-Questioning Salafi’s Moderation Value on Social Media. Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 9(2), 180–204. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.241
Hasan, L. M. U., Aziz, M. T., & Nurharini, F. (2024). Integrasi Asas Andragogi Dengan Pembelajaran Muhadastah: Studi Kasus LPBA MASA Surabaya. AL-MAZAYA, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 1–13.
Hasan, L. M. U. H., Agustin, D. N., & Aziz, M. T. (2024). Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Bisma: Jurnal …, 2(1), 191–202.
Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Hasan, I. N. H. (2024). Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.260
Kastur, A., Mustaji, M., & Riyanto, Y. (2020). The Practicality and Effectiveness of Direct Learning Model by Using Life-Based Learning Approach. Studies in Learning and Teaching, 1(3), 165–174. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.50
Khaerotin, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-01
Mas, L., Hasan, U., Adhimah, S., & Rido, M. (2024). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Bahasa Arab. 5(1), 127–142. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v5i1.5401
Mufidah, Z. (2024). Learning Arabic Vocabulary From the Quran To Facilitate Early Arabic Speaking Skills and Memorizing Quran At Baiturrahman Kindergarten in Malang City. International Journal of Global Accounting, Management, Education, and Entrepreneurship, 4(2), 298–305. https://doi.org/10.48024/ijgame2.v4i2.131
Muhammad Tareh Aziz, & Lestari Widodo. (2023). Pengembangan Program Unggulan di SMP Islam Sabilur Rosyad. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i1.17
Muid, F. A., Nurharini, F., & Salam, M. A. (2022). Pengaruh Permainan Wassimni Terhadap Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs. Nurussaleh Bangkalan. MUMTAZA :Journal Of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 01(02).
Musyafa’ah, L., Bustami, A. L., & Dzulkarnain, D. (2023). the Application of Interpersonal Communication With Andragogy Approach in English Competency Achiement of Orphan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.121033
Musyafa’ah, L., Hardika, & Ahmad. (2022). Designing Entrepreneurship Skills for the Future Life of People with Down Syndrome at LKP Quali International Surabaya. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(4), 588–598.
Nabielah Agustin, D. (2021). Fenomenologi Bahasa Komunitas Kampung Arab (Studi Kasus Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Bahasa Arab di Ampel Surabaya). MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 01(1), 1–13.
Nurharini, F., Mas, L., Hasan, U., & Aziz, M. T. (2024). Strategy for Utilizing Student Digital Literacy Towards the Ability to Utilize Information and Communication Technology Based on Kahoot Technology. 1(3), 1–9.
Sidoarjo, W., & Muid, F. A. (2021). Mumtaza نورعشي مهنم يرثك كلذ ل و . ةصالخا تاردقلا لىإ جاتيح ةيبرعلا ةغللا ملعت نلأ . ايسينودنبإ تاعمالجاو, 01(01).
Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712
Syaifudin, M., Nurharini, F., & Ramadhan, H. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al- Qur’an Terpadu An- Nawa Surabaya. MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 02(01), 16–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Muhammad Naufal, Sarah Hajar Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



