Penerapan Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab

Authors

  • Zaenul Rizki Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya
  • Annita Kastur Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.15

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Permainan, Bahasa Arab, Keterampilan Komunikasi, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab melalui penerapan pembelajaran berbasis permainan. Penerapan pembelajaran berbasis permainan di SMA Pelita Harapan menunjukkan dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab siswa. Metode ini memanfaatkan permainan simulasi percakapan, kuis interaktif, dan teka-teki bahasa untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan berbicara, pemahaman kosakata, dan tata bahasa. Permainan membantu siswa berlatih bahasa Arab dalam konteks yang lebih realistis, sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan akurasi mereka dalam berbahasa. Implikasi dari metode ini adalah bahwa pembelajaran berbasis permainan dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab, dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342

Aziz, M. T., Mas, L., Hasan, U., & Adhimah, S. (2024). Jembatan Kurikulum : Inklusi dan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Konteks Multikultural. 4(3), 158–166. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i3.292

Aziz, M. T., & Sholehawati, U. (2023). Pendekatan Struktural dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. 3(1).

Dzukroni, A. A., & Aziz, M. T. (2023). Quo Vadis Modern Salafism: Re-Questioning Salafi’s Moderation Value on Social Media. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora, 9(2), 180–204. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.241

Hasan, L. M. U. H., Agustin, D. N., & Aziz, M. T. (2024). Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Jurnal Bisma 2(1), 191–202. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/bisma/article/view/187

Muhammad, R. L. M. U. H. (2024). El - Fusha : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Pengintegrasian Asas Andragogi dalam Pengembangan Maharah Qiro ’ ah di LPBA MASA Surabaya : Pendekatan Inovatif Pembelajaran Bahasa Arab Laili Mas Ulliyah Hasan , 2 Muhammad Rido ’ i Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa. 5(1), 1–14.

Muhammad Tareh Aziz, & Lestari Widodo. (2023). Pengembangan Program Unggulan di SMP Islam Sabilur Rosyad. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i1.17

Muid, F. A. (2021). نورعشي مهنم يرثك كلذ ل و . ةصالخا تاردقلا لىإ جاتيح ةيبرعلا ةغللا ملعت نلأ . ايسينودنبإ تاعمالجاو. 01(01).

Muid, F. A., Nurharini, F., & Salam, M. A. (2022). Pengaruh Permainan Wassimni Terhadap Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs. Nurussaleh Bangkalan. MUMTAZA : Journal Of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 01(02). https://ejournal.stibada.ac.id/index.php/mumtaza/article/view/30

Nabielah Agustin, D. (2021). Fenomenologi Bahasa Komunitas Kampung Arab (Studi Kasus Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Bahasa Arab di Ampel Surabaya). MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 01(1), 1–13.

Nurharini, F., Mas, L., Hasan, U., & Aziz, M. T. (2024). Strategy for Utilizing Student Digital Literacy Towards the Ability to Utilize Information and Communication Technology Based on Kahoot Technology. 1(3), 1–9.

Qodir, A., Mas, L., & Hasan, U. (2024). Arabic Alphabet : Aplikasi Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini. 3(2).

Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712

Zuhrotul Mufidah; M. Badrus. (2022). صخلم ةيلاع ةسردم في رشع يدلاحا فصلا بلاط في ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ينستح في ينمختلا ةبعل يرثتأ " : لحاصلا ردب دممح " يابااروس ديحوتلا ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ، روصلبا ينمختلا ةبعل : ةيسيئرلا تاملكلا ةيبرعلا ةغللا برتعت . ةيلاعلاو ، ةيوانصلاو ، ةيئادتبل. 01(01).

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Rizki, Z., & Kastur, A. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.15

Issue

Section

Articles