Penerapan Metode Total Physical Respon dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Soimatul Afiah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya
  • Lili Musyafa'ah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.14

Keywords:

Bahasa Arab, Metode Total Physical Response, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterlibatan Siswa, Kurikulum Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Munawwir, dengan fokus pada siswa kelas satu. Metode TPR, yang mengintegrasikan gerakan fisik dengan instruksi verbal, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata dan keterampilan berbicara siswa. Desain eksperimental digunakan dengan melibatkan dua kelompok siswa: satu kelompok menggunakan TPR dan kelompok lainnya menggunakan metode tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPR secara signifikan meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa, meningkatkan keterlibatan aktif mereka dalam kelas, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan. Faktor-faktor pendukung dalam implementasi TPR termasuk keterlibatan siswa yang tinggi dan dukungan dari guru, sementara tantangan meliputi keterbatasan waktu dan fasilitas. Rekomendasi untuk peningkatan metode pembelajaran bahasa Arab di MTs mencakup integrasi TPR yang lebih luas dalam kurikulum, pelatihan guru, dan penyesuaian jadwal pelajaran untuk memaksimalkan efektivitas metode ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, M. T., Mas, L., Hasan, U., & Adhimah, S. (2024). Jembatan Kurikulum : Inklusi dan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Konteks Multikultural. 4(3), 158–166. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i3.292

Dzukroni, A. A., & Aziz, M. T. (2023). Quo Vadis Modern Salafism: Re-Questioning Salafi’s Moderation Value on Social Media. Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 9(2), 180–204. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.241

Hasan, L. M. U., Aziz, M. T., & Nurharini, F. (2024). Integrasi Asas Andragogi Dengan Pembelajaran Muhadastah: Studi Kasus LPBA MASA Surabaya. AL-MAZAYA, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 1–13.

Hasan, L. M. U. H., Agustin, D. N., & Aziz, M. T. (2024). Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pengajaran Bahasa Arab dalam Konteks Lokal di Desa Klatakan, Situbondo. Bisma: Jurnal …, 2(1), 191–202.

Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Hasan, I. N. H. (2024). Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.260

Kastur, A., Mustaji, M., & Riyanto, Y. (2020). The Practicality and Effectiveness of Direct Learning Model by Using Life-Based Learning Approach. Studies in Learning and Teaching, 1(3), 165–174. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.50

Mas, L., Hasan, U., Adhimah, S., & Rido, M. (2024). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Bahasa Arab. 5(1), 127–142. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v5i1.5401

Muhammad, R. L. M. U. H. (2024). El - Fusha : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Pengintegrasian Asas Andragogi dalam Pengembangan Maharah Qiro ’ ah di LPBA MASA Surabaya : Pendekatan Inovatif Pembelajaran Bahasa Arab Laili Mas Ulliyah Hasan , 2 Muhammad Rido ’ i Sekolah Tinggi Ilmu Bahas. 5(1), 1–14.

Muhammad Tareh Aziz, & Lestari Widodo. (2023). Pengembangan Program Unggulan di SMP Islam Sabilur Rosyad. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i1.17

Muid, F. A. (2021). نورعشي مهنم يرثك كلذ ل و . ةصالخا تاردقلا لىإ جاتيح ةيبرعلا ةغللا ملعت نلأ . ايسينودنبإ تاعمالجاو. 01 (01).

Muid, F. A., Nurharini, F., & Salam, M. A. (2022). Pengaruh Permainan Wassimni Terhadap Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs. Nurussaleh Bangkalan. MUMTAZA :Journal Of Arabic Teaching Linguistic And Literature, 01(02).

Musyafa’ah, L., Hardika, & Ahmad. (2022). Designing Entrepreneurship Skills for the Future Life of People with Down Syndrome at LKP Quali International Surabaya. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(4), 588–598. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.120524

Nabielah Agustin, D. (2021). Fenomenologi Bahasa Komunitas Kampung Arab (Studi Kasus Alih Kode dan Campur Kode Percakapan Bahasa Arab di Ampel Surabaya). MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 01(1), 1–13.

Nurharini, F., Mas, L., Hasan, U., & Aziz, M. T. (2024). Strategy for Utilizing Student Digital Literacy Towards the Ability to Utilize Information and Communication Technology Based on Kahoot Technology. 1(3), 1–9.

Qodir, A., Mas, L., & Hasan, U. (2024). Arabic Alphabet : Aplikasi Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini. 3(2).

Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712

Syaifudin, M., Nurharini, F., & Ramadhan, H. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al- Qur’an Terpadu An- Nawa Surabaya. MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 02(01), 16–28.

Zuhrotul Mufidah; M. Badrus. (2022). صخلم ةيلاع ةسردم في رشع يدلاحا فصلا بلاط في ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ينستح في ينمختلا ةبعل يرثتأ " : لحاصلا ردب دممح " يابااروس ديحوتلا ةيبرعلا تادرفلما باعيتسا ، روصلبا ينمختلا ةبعل : ةيسيئرلا تاملكلا ةيبرعلا ةغللا برتعت . ةيلاعلاو ، ةيوانصلاو ، ةيئادتبل. 01 (01).

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Afiah, S., & Musyafa’ah, L. (2024). Penerapan Metode Total Physical Respon dalam Pembelajaran Bahasa Arab. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.14

Issue

Section

Articles