Meneropong Pendidikan Musik di Indonesia
Analisis Bibliometrik dalam Kurun Waktu 2014-2024
DOI:
https://doi.org/10.70078/mused.v1i1.34Keywords:
Pendidikan Musik, Indonesia, Analisis Bibliometrik, Tinjauan BiografiAbstract
Meningkatnya publikasi dalam bidang Pendidikan Musik di Indonesia menunjukkan urgensi pemetaan tren dan kontribusi penelitian di area ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis tren publikasi dan sitasi, mengidentifikasi jurnal dan penerbit yang memiliki pengaruh besar, serta mengungkap topik dan kata kunci yang paling sering digunakan dalam publikasi Pendidikan Musik dari tahun 2014 hingga 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan bantuan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSViewer untuk melakukan pemetaan data bibliografis yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil menunjukkan pola kenaikan signifikan dalam publikasi dan sitasi terkait Pendidikan Musik di Indonesia, dengan jurnal Musikolastika sebagai yang paling produktif dan berbagai topik seperti karakter, pembelajaran musik, serta pendidikan seni tradisional yang populer. Namun, tantangan terkait keterbatasan sumber daya dan akses teknologi masih menjadi hambatan dalam perkembangan penelitian. Studi ini memberikan pemahaman mendalam tentang tren dan pengaruh penelitian Pendidikan Musik, sekaligus merekomendasikan peningkatan kolaborasi lintas disiplin dan pemanfaatan teknologi yang lebih luas dalam penelitian mendatang untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.
Exploring Music Education in Indonesia: A Bibliometric Analysis from 2014 to 2024
The increasing number of publications in the field of Music Education in Indonesia indicates the urgency of mapping research trends and contributions in this area. The main objectives of this study are to analyze publication and citation trends, identify journals and publishers that have great influence, and reveal the most frequently used topics and keywords in Music Education publications from 2014 to 2024. The research method used is bibliometric analysis with the help of Publish or Perish software and VOSViewer to map bibliographic data obtained from Google Scholar. The results show a significant upward pattern in publications and citations related to Music Education in Indonesia, with the journal Musikolastika being the most productive and topics such as character, music learning, and traditional arts education being popular. However, challenges related to limited resources and access to technology still hinder research progress. This study provides an in-depth understanding of the trends and influence of Music Education research, while recommending increased cross-disciplinary collaboration and wider utilization of technology in future research to support the advancement of education in Indonesia.
Keywords: Music Education, Indonesia, Bibliometric Analysis, Biographical Review.
Downloads
References
Adzkia, S. F. (2021). YouTube sebagai Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Konteks Hasil Pembelajaran Praktik Instrumen Violin Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(1), 163–177. https://doi.org/10.31091/JOMSTI.V4I1.1386
Bennett, D. (2016). Developing employability in higher education music. Arts and Humanities in Higher Education, 15(3–4), 386–395. https://doi.org/10.1177/1474022216647388
Chrisnahanungkara, A. J. (2020). Pendidikan seni musik berbasis bahan ajar multikultural. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 3(1), 39–50. https://journal.stt-abdiel.ac.id/tonika/article/view/132
Damar, P. A., & Hadi, K. (2022). Pembelajaran Teknologi Musik sebagai Inovasi pada Pendidikan Musik. Jurnal Seni Nasional Cikini, 8(2), 1–12. https://jurnalcikini.ikj.ac.id/index.php/jurnalcikini/issue/view/15
Desyandri, D. (2014). Peran seni musik dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2613
Fitriah, L., & Vivian, Y. I. (2022). Ideologi Pendidikan melalui Pendidikan Seni Musik dalam Sebuah Kreativitas. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik dan Pendidikan Musik, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.30872/MEBANG.V2I1.26
Fitriani, Y., & Hadianda, D. S. (2016). Internalisasi Karakter Individu Melalui Pendidikan Musik Menuju Kerangka Konseptual Sebuah Kualitas Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(2), 140–153. https://doi.org/10.30870/JPKS.V1I2.1030
Hancock, C. B. (2015). Stratification of Time to First Citation for Articles Published in the Journal of Research in Music Education. Journal of Research in Music Education, 63(2), 238–256. https://doi.org/10.1177/0022429415582008
Hartanti, C. D., & Sasongko, H. (2021). Manajemen Kreativitas Pengajaran Musik Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 16–32. https://doi.org/10.35473/IJEC.V3I1.830
Hidayatullah, R. (2020a). Kreativitas dalam Pendidikan Musik. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I1.32
Hidayatullah, R. (2020b). Kreativitas sebagai landasan dan operasionalisasi dalam pendidikan musik. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 3(2), 88–102. https://journal.stt-abdiel.ac.id/tonika/article/view/169
Hudha, M. N., Hamidah, I., Permanasari, A., Abdullah, A. G., Rachman, I., & Matsumoto, T. (2020). Low Carbon Education: A Review and Bibliometric Analysis. European Journal of Educational Research, 9(1), 319–329. https://eric.ed.gov/?id=EJ1241248
Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I2.48
Irawana, T. juna, & Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V1I3.47
Laksana, A. T. (2014). Musik Pengamen Jalanan (Studi Tentang Fungsi Musik Jalanan Sebagai Media Pendidikan Moral Dan Kritik Sosial). Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 4(01), 27–36. https://doi.org/10.25273/AJSP.V4I01.818
Lisnawati, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Muatan Lokal Seni Musik Pada Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 716–727. https://doi.org/10.52434/JPU.V17I1.2680
Lumbantoruan, J. (2021). Metode ARTS Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Solfegio Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik di Jurusan Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 3(2), 141–152. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V3I2.76
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1293
Martínez-López, F. J., Merigó, J. M., Gázquez-Abad, J. C., & Ruiz-Real, J. L. (2020). Industrial marketing management: Bibliometric overview since its foundation. Industrial Marketing Management, 84, 19–38. https://doi.org/10.1016/J.INDMARMAN.2019.07.014
Muhammad, Y. R., & Rachman, A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Karya Musik Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Band Sendau Gurau Di Semarang). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I1.35
Nainggolan, O. T. P., Ismudiati, E., & Manek, B. A. (2021). Konsep Metode Sariswara Ditinjau Dari Pendidikan Musik Dalam Upaya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Musik Berbasis Kebudayaan Nasional Indonesia. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 5(2), 150–163. https://doi.org/10.24114/GONDANG.V5I2.28290
Nurmalena, N., Ernawita, E., Arnailis, A., & Elizar, E. (2023). Revolusi Pendidikan Seni: Seni Pertunjukan Tari dan Musik dalam Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.23960/29127
Oktaviani, W. (2021). Relevansi Pendidikan Musik Terhadap Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(2), 55–62. https://doi.org/10.33387/CAHAYAPD.V3I2.3629
Pahan, B. P., & Prasetya, A. (2023). Pembinaan Tari dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah sebagai Pendidikan Karakter pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 110–121. https://doi.org/10.37364/JIREH.V5I1.123
Purhanudin, M. V., Harwanto, D. C., & Rasimin, R. (2023). Revolusi dalam Pendidikan Musik: Menganalisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 6(2), 118–129. https://doi.org/10.37368/TONIKA.V6I2.569
Putra, A. D., Sauri, S., & Kosasih, A. (2022). Pendidikan Musik sebagai Wahana Pendidikan Nilai. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V4I1.78
Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/PN.V6I1.15218
Ramadhan, M. F., & Arthur, R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kemampuan Softskills dan Hardskills Siswa di SMK Musik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 104–115. https://doi.org/10.24176/RE.V13I1.7868
Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V5I1.104
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40. https://doi.org/10.26737/JPDI.V2I2.330
Sari, K. W. (2017). Pendidikan Karakter Percaya Diri, Mandiri dan Semangat Kebangsaan Dalam Pembelajaran Seni Musik Di SDLB A-YPAB Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.26740/JPS.V5N1.P
Septiyan, D. D. (2020). Perubahan Budaya Musik Di Tengah Pandemi Covid-19. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I1.37
Shukla, N., Merigó, J. M., Lammers, T., & Miranda, L. (2020). Half a century of computer methods and programs in biomedicine: A bibliometric analysis from 1970 to 2017. Computer Methods and Programs in Biomedicine, 183, 105075. https://doi.org/10.1016/J.CMPB.2019.105075
Suharyanto, A. (2017). Sejarah Lembaga Pendidikan Musik Klasik Non Formal di Kota Medan. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.24114/GONDANG.V1I1.5967
Syahputra, R. M., & Handayaningrum, W. (2017). Pendidikan Seni Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Galuh Handayani. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.26740/JPS.V6N1.P
Zhang, G., Sun, J., & Sun, Y. (2023). Mapping interdisciplinary collaboration in music education: analysis of models in higher education across North America, Europe, Oceania, and Asia. Frontiers in Psychology, 14, 1284193. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2023.1284193/BIBTEX
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lanang Riyadi, Agung Dwi Putra, Fajry Sub'haan Syah Sinaga, Akbar Bagaskara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

